Lakukan 8 Rutinitas Ini Tiap Malam Agar Lebih Cepat Tertidur

Menjalani aktivitas seharian membuat Anda lelah dan ingin segera beristirahat, namun terkadang Anda kesulitan untuk tidur lebih cepat padahal  sudah merasa sangat letih. Kesulitan tidur memang menjadikan waktu istirahat berkurang di tengah-tengah padatnya pekerjaan. Delapan cara ini bisa Anda lakukan agar tidur lebih cepat dan tubuh terasa lebih segar karena waktu istirahat yang lebih panjang.

1. Matikan Lampu atau Sumber Cahaya Lain
Mendekati waktu tidur, tubuh mulai memproduksi melatonin, hormon yang berfungsi membuat Anda tertidur. Namun cahaya yang begitu
terang dapat menganggu dan mengisntruksikan otak untuk kembali bekerja. Jadi biarkan melatonin bekerja di dalam kegelapan sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Matikan lampu, komputer, TV atau benda-benda lainnya yang bisa memendarkan cahaya. Jika tidak terbiasa tidur dengan lampu menyala, Anda bisa menghidupkan lampu tidur.

2. Matikan Ponsel
Alat elektronik menghasilkan cahaya biru yang merupakan anti-melatonin. Sama halnya dengan cahaya dari lampu kamar. Jadi sebaiknya matikan gadget, laptop atau komputer tablet setidaknya satu jam sebelum Anda tidur. Mematikan gadget sebelum tidur juga dapat mengistirahatkan otak yang seharian berkerja.

3. Dinginkan Suhu Ruangan
Jika memakai pendingin ruangan, sesuaikan suhu ruangan Anda agar tidur menjadi lebih nyaman. Idealnya 18 derajat Celsius merupakan suhu yang dapat membuat tidur lebih nyaman dan lebih nyenyak. Namun Anda bisa menyesuaikan suhu ruangan sesuai kenyamanan Anda, jangan sampai karena suhu yang terlalu dingin Anda jadi susah untuk tidur.

4. Jangan Memperhatikan Jam
Memperhatikan jam terus menerus justru membuat Anda stres karena tak kunjung tidur. Tutupi jam yang ada di kamar Anda sehingga Anda tidak bisa
melihatnya sebelum tidur. Istirahatkan otak sebelum tidur, agar saat bangun di pagi harinya merasa lebih segar.

5. Biasakan Rutinitas Sebelum Tidur
Coba biasakan melakukan kegiatan yang dapat merelakskan otak setelah sibuk seharian. Anda bisa memulai dengan membersihkan wajah, menggunakan masker kecantikan atau mandi air hangat. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga terasa relaks dan mengantuk.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman
Seperti yang dilansir dari Self, pakaian longgar cocok digunakan saat tidur. Pakaian longgar dapat membiarkan udara masuk sehingga tidak terasa panas dan sesak. Anda bisa gunakan pakaian berbahan dasar katun yang sejuk di kulit. Anda juga bisa menggunakan kaus kaki jika merasa kedinginan.

7. Dekorasi Kamar dengan Warna Lembut
Menurut penelitian dari The Color Association of The United States, seperti dikutip dari Huffington Post, warna-warna lembut bisa membantu Anda lebih cepat tidur karena menimbulkan efek relaks. Maka sebaiknya Anda mendekorasi kamar dengan warna-warna lembut atau netral seperti baby blue, lavender atau hijau pupus. Hindari warna mencolok yang bisa menstimulasi otak seperti kuning, pink atau merah.

8. Latih Penapasan
Praktisi dan pakar kesehatan dr. Andrew Weil, menyatakan teknik pernafasan 4-7-8 dapat membantu membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Anda bisa memulai dengan posisi tidur di ranjang, hembuskan napas dari mulut kemudian tarik napas dari hidung sampai hitungan keempat. Tahan napas Anda sampai hitungan ketujuh kemudian hembuskan pada hitungan kedelapan. Ulangi hingga tiga kali. Aliran oksigen yang masuk saat melakukan teknik pernapasan ini akan melancarkan peredaran darah, membuat relaks sehingga Anda jadi lebih mudah tidur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s