Begini Cara Berbusana yang Bisa Mengatasi Stres Menurut Psikolog

Begini Cara Berbusana yang Bisa Mengatasi Stres Menurut PsikologFoto: Thinkstock
Jakarta – Demi jiwa dan raga yang sehat, kita disarankan untuk tidak stres berlebihan. Namun rasa tertekan kadang tidaklah mudah dihilangkan mengingat beratnya tuntutan kehidupan di zaman sekarang. Jika Anda tengah mengalaminya, coba minimalisir kondisi tersebut secepatnya. Tak perlu dengan liburan ke luar negeri atau berbelanja yang menghabiskan banyak dana, cukup dengan memperbarui penampilan, terutama busana.

Hal tersebut dibenarkan oleh psikolog Lawrence D. Rosenblum. Menurutnya pakaian bisa berpengaruh terhadap mood bahkan membantu mengurangi stres.

“Kita tahu lebih banyak tentang bagaiamana otak kita berubah berdasarkan sentuhan dari pada indra perasa lain. Kebanyakan efeknya adalah di bawah alam bawah sadar. Pakaian kita mempengaruhi bagaimana orang lain melihat kita bahkan bagaimana kita merasakan,” ungkap Lawrence dilansir dari Glamour.

Lawrence pun menyarankan agar Anda mengenakan busana yang membuat hati nyaman. Busana tersebut tentu tergantung dengan karakteristik serta selera masing-masing orang. Untuk Anda yang senang tampil kasual, padanan sweater dan celana jeans pun bisa diandalkan. Bisa juga dengan menggunakan pakaian yang menyimpan sebuah kenangan bahagia.

“Jika kamu memiliki sebuah pengalaman baik dan ingin mengalami hal yang sama, masuk akal untuk mengenakan pakaian yang sama yang kamu gunakan dalam pengalaman itu,” tambah Lawrence.

Misalnya saja ketika Anda tengah gelisah saat hari pertama kerja di kantor baru. Untuk sedikit menenangkan pikiran, coba kenakan setelan profesional yang pernah digunakan ketika presentasi kerja. Terlebih bila Anda mendapatkan prestasi berarti saat mengenakan pakaian tersebut. Jika bisa, terapkan busana itu dengan atribut atau aksesorinya serupa seperti yang pernah digunakan sebelumnya.

Selain dengan mengaplikasikan busana yang nyaman dan punya kenangan positif, Anda dapat mencoba sweater The Baker Miller Hoodie. Hoodie tersebut diklaim bisa mengurangi stres dan memberi semangat. Item seharga Rp 1,8 jutaan yang awalnya diciptakan untuk para atlet itu menggunakan teknologi warna dan fisiologi. Teknologi itu berguna untuk menurunkan rasa cemas sehingga membantu pengguna beristirahat dan pulih pasca pertandingan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s